Laporan Pertandingan

Persib Tahan Imbang Bali di Semifinal Leg 1

by: Salsa Dila

0

Persib Bandung berhasil menahan imbang Bali United dengan skor 1-1 dalam leg pertama semifinal Championship Series Liga 1 2023/2024. Pertandingan yang berlangsung di Lapangan Bali United Training Center di kawasan Pantai Purnama pada Selasa, 14 Mei 2024, menyajikan aksi dramatis dari kedua tim.

Babak Pertama

Di awal babak pertama, kedua tim bermain hati-hati tanpa peluang berbahaya di dalam kotak penalti. Pada menit ke 10 Persib Bandung mengandalkan spekulasi tendangan dari Ciro Alves yang masih bisa diblok oleh barisan pertahanan Bali United.

Bali United mencoba mengalihkan serangan ke sektor sayap, namun masih sulit menembus pertahanan Persib yang solid. Peluang emas pertama bagi Persib Bandung datang pada menit ke-28 ketika David da Silva berhasil masuk ke kotak penalti, tetapi usahanya digagalkan oleh kiper Adilson Maringa. Tapi serangat tersebut belum berakhir dan hampir di manfaatkan oleh Ciro Alves namun bola masih mengenai mistar gawang.

Selain peluang tersebut, Persib Bandung beberapa kali mengancam gawang Bali United, namun belum berhasil mencetak gol.

Babak Kedua

Bali United memulai babak kedua dengan agresif, menciptakan peluang melalui tendangan Privat Mbarga yang masih bisa diamankan oleh kiper Persib, Kevin Mendoza. Menit ke-51, David da Silva dari Persib dijatuhkan di dalam kotak penalti, dan setelah wasit Heru Cahyono memeriksa VAR, Persib mendapatkan penalti. Sayangnya, eksekusi penalti dari David da Silva berhasil digagalkan oleh Maringa.

Setelah kegagalan penalti tersebut, Bali United semakin termotivasi dan terus menekan pertahanan Persib. Namun, Persib juga tidak tinggal diam dan menciptakan beberapa peluang berbahaya melalui kombinasi Ciro Alves dan Marc Klok, tetapi semuanya masih bisa digagalkan oleh Maringa.

Gol dan Drama Akhir

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, memasukkan penyerang andalan Jefferson Mateus pada menit ke-68. Pergantian ini membuahkan hasil pada menit ke-82 ketika Jefferson berhasil menyundul bola pantulan tendangan dari Jajang Mulyana yang mengenai mistar gawang, membuat Bali United unggul 1-0.

Persib Bandung tidak menyerah dan terus menekan pertahanan Bali United. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil pada masa injury time ketika tandukan David da Silva setelah menerima umpan dari Ezra Walian sehingga berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Pertandingan semakin panas dengan dikeluarkannya kartu merah untuk bek Bali United, Jajang Mulyana, pada menit ke-90+12, membuat Bali United harus bermain dengan 10 pemain hingga akhir pertandingan.

Penentuan di Leg Kedua

Hasil imbang ini membuat kedua tim memiliki peluang yang sama untuk melaju ke final. Leg kedua semifinal antara Persib Bandung dan Bali United akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, pada Sabtu, 18 Mei 2024. Pertandingan ini dipastikan akan berlangsung sengit, mengingat kedua tim memiliki motivasi tinggi untuk meraih tiket ke final.