Persib Curi 1 Poin dari Lao Toyota

foto-persib-bandungPersib Bandung berhasil mewujudkan target mencuri poin di Vientiane Laos setelah menahan imbang Lao FC di National Sports Complex Stadium, Rabu (15/4). Hasil ini tidak merubah situasi Persib yang masih berada di puncak klasemen. Persib masih unggul 2 poin dari lawan terdekatnya, karena dipertandingan lain Ayeyawady United vs New Radiant juga berakhir imbang 0-0.

Sejak peluit wasit Moh. Nafeez Bin Abdul Wahab dari Malaysia dibunyikan, kedua tim banyak melakukan duel ditengah lapangan. Sekitar 15 menit pertama kedua kesebelasan masih saling berseteru untuk menguasai pertandingan. Aliran bola masih berada di tengah saling merebut dan bermain terbuka. Konate mendapatkan ruang tembak menit 19, hasil dari umpan datar Tony Sucipto, sayang first time pemain asal Mali tersebut masih melambung di atas gawang Lao FC yang dikawal Vathana.

Menit 21 Tony menjatuhkan salah satu pemain Lao FC di kotak penalti, beruntung wasit tidak menunjuk titik putih. Peluang emas pertama lahir untuk Persib, kerjasama satu dua Atep kepada Konate yang memberikan umpan kepada M. Ridwan, sayang tendangan pemain nomor punggung 23 ini menyamping tipis di sisi gawang.

Lao FC mencoba peruntungannya menit 26 melalui tendangan jarak jauh Syvilay, beruntung tendangannya tidak mengarah gawang M. Deden Natshir. Periode menit 30 pemain Persib banyak bermain individu, hal ini menjadikan pemain Lao FC dengan mudah merebut bola. Serangan kembali disusun Konate dan kolega, Tantan berhasil lolos dari jebakan offside menit 31 dan berpeluang mencetak gol. Sayang, Tantan yang melakukan. one on one, tidak berhasil mengelabui kiper Vathana.

Peluang kembali hadir menit 34 Atep hampir menambah pundi-pundi golnya setelah mendapatkan umpan tantan. Kembali kiper Lao FC bisa menangkap tendangan pemain asal Cianjur tersebut. Semenit kemudian Ridwan melakukan akselerasi di dalam kotak penalti pasca menerima umpan terobosan. Ridwan berhasil melewati sang kiper, namun bola yang terlalu deras membuat wasit mengangkat bendera tanda out.

Paseutsack dkk bukan tanpa peluang, Lao FC membalas, Maitee melancarkan tendangan terarah yang bisa diblok Abdulrahman menit 37. Memasuki 5 menit terakhir babak pertama Persib lanjut menebar ancaman melalui Atep, tetapi selalu terperangkap offside.

Jelang akhir pertandingan Lao FC mendapatkan peluang emas, berawal dari tendangan bebas hingga terjadi kemelut didepan gawang. Aksi heroik Deden bisa menyelamatkan gawang Persib hingga masih perawan sampai babak pertama usai.

Babak kedua dimulai, kembali pertarungan di lini tengah masih terjadi. M. Ridwan melakukan akselerasi dari sayap kanan ke kotak penalti, dengan terpaksa ia harus dihentikan lini belakang Lao FC yang dikawal 4 barisan pertahanan Baynakhonevieng, Thengthong, Moukda, Shintaro Ihara.

Khanthavong mendapatkan peluang tembak menit 57 namun masih tendangannya tidak tepat sasaran. Selanjutnya Lao FC mulai menguasai pertandingan. Persib lebih banyak menunggu bola untuk direbut dan melakukan serangan balik. Namun serangan menjadi sia-sia, karena umpan kadang tidak efektif, placcing yang dilakukan menuju kedua sayap sering dipotong para pemain Lao FC.

Serangan yang di lakukan persib kembali menebar ancaman. Krosing datar Supardi dicocor Tantan, kembali sang kiper yang apik bermain sejak babak pertama kembali menggagalkan usaha anak asuhan Emral Abus. Menit 70 Emral abus mencoba memasukkan Firman utina untuk memperkuat lini tengah menggantikan Tantan. Lantas, Konatepun di rotasi ke depan untuk menjadi striker.

Kedua pelatih mencoba mengadu taktik dengan beberapa pergantian pemain. Begitupun Emral Abus yang kembali memasukkan striker Yandi Sofyan menggantu Taufiq. Menit-menit akhir Homma mendapatkan bola terobosan untuk tinggal berhadapan dengan Deden, kesigapan Deden menyerobot bola bisa mengamankan gawang Persib dari kebobolan. Sampai 3 menit tambahan berakhir skor kaca mata tidak berubah. Persib memperpanjang trend positif dan mempertahankan posisi puncak

Line up:
Persib: M. Natshir (GK), Vladimir Vujovic, Abdulrahman, Tony Sucipto, Supardi, Dedi Kusnandar, Taufiq, Makan Konate, M. Ridwan, Atep, Tantan
Cadangan: Shahar Ginanjar (GK), Ahmad Jufriyanto, Dias Angga Putra, Hariono, M. Agung, Firman Utina, Yandi Sofyan.
Coach : Emral Abus

Lao FC: Vathana (GK), Saynakhonevieng, Phatthana, Shintaro Ihara, Sitthideth, Thengthong, F. Pooda, Kazuo Homma, Paseuthsack, Moukda, Maitee
Cadangan: Chanthakhad (GK), Odien syharld, Anousay Noyyong, Soulasack Vongsengdeuan, Say Oulasouk, Xaibongkham Champathong, Khouanta
Coach : David Booth

Adil Nursalam/SIMAMAUNG.COM

Leave a Comment

(required)

(required)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.